Minggu, 14 Oktober 2012

MEMBUAT HATI TENANG

          Cara membuat hati senang adalah hal yang sangat di idamkan dan di inginkan oleh setiap insani. Berbagai cara untuk bisa membuat hati agar bisa atau dapat menjadi senang. baik dalam segi dunia yang real dari kekayaan (wealth), Cinta sejati (true love), Pangkat yang Luhur (Height of the Glory ) dan banyak lagi hal yang dikejar untuk membuat hati senang.


          Banyak orang-orang untuk menjadikan hati senang mengambil jalan pintas atau salah, dan tidak sedikit pula orang yang mengerti dan berilmu mengambil jalan salah, hanya untuk mengejar kata senang. Tidak peduli dengan apa yang dilakukan yang penting dirinya puas dan merasa senang, contoh kecil "si pulan mengambil barang temannya karena si pulan merasa ingin memilikinya, dan si pulan merasa senang karena mendapatkan apa yang di inginkannya, sedangkan temannya menjadi sengsara telah kehilangan barang yang dia punya".

          Seorang Koruptor merasa senang dirinya mendapat uang yang banyak "tidak ketahuan", ketika itulah kesenangan untuk si Koruptor. ketika si koruptor ketahuan apa jadinya...? menangis, menyesal (mungkin), malu (sudahlah pasti). Ketika si pulan ketahuan mengambil barang temannya..? malu dan mungkin sama nasibnya dengan si koruptor tersebut.

           Temen-temen, sahabat sekalian, kesenangan janganlah dijadikan tolak ukur dalam menjalani kehidupan tetapi carilah ketenangan juga. banyak cara membuat hati tenang agar hidup kita bisa senang.
Diantaranya secara islami:
  1. Hiasilah diri kita dengan sifat 'khouf (takut) dan 'roja (penuh harapan)!! Baginya Khouf adalah cambuk, sedangkan 'roja (penuh harapan) adalah makanan. Sehingga apabila seseorang ingin mengajak kepada kita ke jalan yang salah maka khouf yang menjadi ukuran , dan bila apabila seseorang tersebut mengajak ke jalan yang benar 'roja yang menjadi ukuran dengan didasari rasa khouf agar tidak asal bertindak karena merasa sudah pasti benar.
  2. Perbanyaklah rasa Syukur kepada sang Pencipta (Kholik), agar segala Nikmat yang di berikan bertambah. " Barang siapa bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'alaa maka Allah Subhanahu Wa Ta'alaa akan menambah Nikmatnya. Dan barang siapa yang tidak bersyukur atau mengkhianatinya maka sesungguhnya adzab Allah Subhanahu Wa Ta'ala sangatlah pedih.
  3. Membaca Al-Qur'an dan menghayati serta mengamalkannya adalah salah satu untuk menenangkan hati juga.
  4. Sholat Tahajud ( sholat malam ). Orang yang sering solat malam InsyaAllah pikirannya akan jernih dalam artian bukan hanya dengan seringnya Sholat Malam segala kebutuhan kita dapat terpenuhi tetapi minimal apa yang dibutuhkan untuk membuat hati kita tenang adalah jernihnya hati.
  5. Jalani apa adanya ( sifat Qonaah ).
  6. Sabar.
          Masih banyak cara membuat hati tenang supaya kita menjadi senang apa lagi kalau Al-Qur'an sebagai dasarnya. Buat teman-teman, sahabat sekalian sedikit tulisan dari saya semoga menjadi inspirasi buat mencari ilmu dan berbagi ilmu dan semoga bermanfaat. 

jangan lupa koment yaaa... sebagai rasa terima kasih untuk saling berbagi... terima kasih dah mau mampir...

4 komentar:

Poshtan Majalengka mengatakan...

wah boleh pisan uy...

Inggi Bae mengatakan...

hatur nuhun

Muhammad haris mengatakan...

masya allah kuring ni ngahelas maca na..gkggkk

Anonim mengatakan...

@haris : hahahaa... nuhun atth